RSS

CMS


Mungkin bagi blogger atau web user seperti Joomla, Wordpress, Mambo, Drupal, Postnuke dan lain-lain. Namun bagi yang memulai ngotak-ngatik blog atau web masih asing terdengar, mari kita mengenal CMS. CMS singakatan dari Content Management System yang merupakan software yang memungkinkan para pengguna blog atau web untuk melakukan hal-hal seperti menghapus, merubah, mengedit apa pun dari isi website tersebut, bisa berupa layout, gambar, video, artikel, file, animasi, dan lain-lain.
Pada dasarnya didalam CMS itu memiliki dua elemen, yaitu:
1.      (CMA) Content Management Aplication atau bisa dibilang aplikasi manajemen isi.
2.      (CDA) Content Delivery Aplication atau bisa dibilang sebagai aplikasi pengiriman isi.
CMA memberikan kemudahan kepada para pengguna web yang belum menguasai bahasa pemrograman HTML yang digunakan untuk mengatur penghapusan, penambahan, dan pengeditan semua isi dari web tanpa harus mempunyai keahlian sebagai seorang programmer. Sedangkan CDA memberikan kemudahan kepada para pengguna website untuk menggunakan, menghimpun content yang sudah di unggah kedalam web untuk di hapus atau di edit oleh pengguna web dan untuk update situs tersebut.
Sebuah sistem CMS itu memiliki fitur-fitur yang berbeda, tapi mayoritas mempunyai fitur yang sama dasarnya seperti pengarsipan, manajemen format, publikasi web, pembuatan index, control revisi. Ada pun beberapa manfaat CMS sebagai berikut:
·  Aplikasi e-business.
·  Situs untuk website perusahaan, bisnis, dan komunitas.
·  Pengelolaan web pribadi.
·  Galerifoto.
·  Portal.
·  Situs website education.
·  Dan lain-lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment